-->

Kumpulan Tutorial Mikrotik Indonesia

Belajar Mikrotik berupa Tutorial mikrotik, Setting Mikrotik Hotspot, Download Winbox Mikrotik ada disini Tutorial Mikrotik Indonesia blog

Wednesday, April 10, 2013

Cara Membuat Transparent Proxy Mikrotik

Cara Membuat Transparent Proxy Mikrotik - Transparent Proxy adalah konsep proxy transparan yaitu konfigurasi proxy dimana client yang terhubung ke proxy tidak harus menyeting atau memasukkan konfigurasi proxy ke browser satu per satu. Sehingga penggunaan proxy akan lebih simpel dan mudah. Sebelum kita lanjut ada baiknya anda baca artikel Penjelasan Web Proxy Mikrotik dulu ya.

Oke udah baca artikel sebelumnya kan? Kalo sudah kita lanjut belajar mikrotik membuat Web Proxy Mikrotik nya dulu tanpa Transparent. 

Membuat Web Proxy Mikrotik

Silakan buka Winbox dan ikuti langkah berikut :
1. Masuk ke menu IP --> Web Proxy pada Winbox
2. Untuk mengaktifkan Web Proxy centang tombol "Enabled"
3. Isikan port yang akan digunakan oleh Proxy. Isikan saja port 8080
4. Cache Administrator bisa anda ganti dengan email anda sendiri selaku Admin nya
5. Max. Cache Size menentukan berapa besar alokasi memori untuk menyimpan cache proxy nya. Silakan anda isikan sesuai kebutuhan atau bisa saja pilih unlimited.
6. Centang opsi Cache On Disk agar penyimpanan dilakukan pada harddisk Mikrotik bukannya RAM. Karena biasanya harddisk Mikrotik lebih basar daripada RAM nya.
7. Klik Apply --> OK 



Sampai disini Web Proxy sudah berhasil dibuat. Anda sudah bisa menggunakan Web Proxy Mikrotik ini namun harus mengkonfigurasi setingan Proxy pada Browser anda dulu dengan IP address Mikrotik dan port 8080. Nah, biar ga ribet seting browser dan membuatnya lebih simple kita akan mengaktifkan fungsi Transparent Proxy.


Membuat Transparent Proxy Mikrotik

Cara kerja Transparent Proxy ini dengan mengalihkan (redirect) Traffic data HTTP (destination port 80) ke port yang digunakan proxy yaitu 8080. Caranya dengan mengkonfigurasi Firewall NAT nya
 dengan chain=dstnat dan action redirect. Berikut ini command nya :
ip firewall nat add chain=dstnat protocol=tcp dst-port=80 action=redirect to-ports=8080
atau bisa melalui Winbox, masuk menu IP --> Firewall



Pada tab General 
Chain : dstnat
Protocol : tcp
Dst. Port : 80


Pada tab Action
Action : redirect
To Ports : 8080

Sekarang Proxy Mikrotik nya sudah Transparent. Untuk mengujinya, silakan anda buka menu IP --> Web Proxy di Winbox. Masuk tab Status dan klik Connections. Kalau keduanya sudah ada isinya berarti transparent Proxy Mikrotik sudah jalan.


Selain itu anda juga bisa menguji nya dengan membuka browser kemudian masukkan alamat sembarang supaya terjadi pesan error. Jika Transparent Proxy Mikrotik sudah jalan maka akan muncul pesan error dari Mikrotik nya seperti gambar berikut ini :


Kalo masih kurang jelas silakan lihat video ini





Oke sekian saja tutorial Cara Membuat Transparent Proxy Mikrotik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya :)

Salam,

Rizky Agung

42 Komentar Cara Membuat Transparent Proxy Mikrotik

  1. Mas tolong bikin tutorial dong kalo proxynya pake CPU proxy server sendiri. Bukan web proxy jadinya. Yang di menu IP > Firewall > Mangle itu lho mas. Kebetulan setingan teknisi yg sudah ada gak sengaja kehapus. Teknisinya dihubungi juga susah.

    Kalo bisa kirim email ke sajakrerindu at gmail dot com ya. Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  2. pak kalo perbedaan proxy server sama web proxy itu apa?
    terus cara konfigurasinya sama gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja sih sebenarnya, hanya beda di penyebutannya saja. Tapi untuk web proxy lebih khusus untuk proxy buat web alias browsing (http), karena di konfigurasi nya dia meredirect port http (80) ke port nya proxy.

      konfigurasi nya sama saja kalo mau proxy nya mau difungsikan untuk browsing (http) kalo mau untuk keperluan lain tinggal tambahkan saja port yang diredirect ke proxy nya.

      Delete
    2. Untuk port https dan lain2 berapa ya? apa bisa pakai web proxy internal mikrotik juga? rencana mau pakai Mikrotik PC x86 soalnya hehehe, masih bingung enak pakai web proxy internal atau pakai Squid. Masih awam banget dan belajar setting dari blog ini. Makasih banyak Gan untuk tutornya

      Delete
  3. gan kok cache drive punya agan di USB1 kalo punya ku kok cache drive nya di system bagaimana cara gantinya..mohon pencerahan balas email ya gan.Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya saya pake mikrotik RB751-2HnD itu ada port USB nya, saya pasangin flashdisk 4GB buat cache nya. Emang secara default nya pake system cache.

      Delete
  4. gan,sy kan sudah pake filter bandwidth limit dari layer7 untuk limit ekxtensi sperti exe,flv,mkv dll. Tapi setelah menerapkan dan enable proxy ini malah g berfungsi lg bandwidth limit nya,itu kkenapa ya gan? apa ada yg harus d bypass atau gmn?

    ReplyDelete
  5. makasih tutornya,, sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya..
    yg saya mau tanyakan,, klo untuk web proxy internal,, misalanya disk udah penuh terus gimana?? apa chace nya di hapus manual atau otomatis kah??



    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk aman nya sih dihapus manual aja

      Delete
    2. trs cara hapus manual nya gimana mas tapi kalau hapus otomatis kan lebih enak jadi ak telat hapusnya.
      Makasih banget tutornya mantappp : )

      Delete
  6. mas saya memakai rb750 cara menghapus chace secara otomatis waktu penuh gimana,
    mas cara limit bandwith secara otomatis gimana mas

    ReplyDelete
  7. mas, kalau kita pake prxy mikrotik untuk game online bisa g ya?mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja, asal port yang dipake game onlinje tidak di blokir di setingannya

      Delete
  8. saya sudah ikuti tutorial diatas, tapi web proxy saya belum bisa berfungsi.
    Apa yang kurang ya pak Rizky?

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sesuai tutorial diatas harusnya udah bisa. kalo masih belum bisa coba buka browser dan masukkan alamat IP sembarang biar muncul pesan error. kalo pesan error nya sama kaya diatas berarti udah jalan. kalo belum juga coba seting ulang lagi.

      Delete
  9. Pak.Rizky,

    Saya punya segmentasi network di internal saya, proxy untuk masing2 segment sudah saya define di interface vlan.

    Pertanyaan saya,
    Jika saya mau aktifkan transparent proxy untuk semua segment, apakah cukup dgn tutorial yg bapak sampaikan? Atau saya harus define untuk segmentasi vlan yg mana2 saja utk saya applied transparent proxy?

    Trimakasih sebelumnya untuj pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba dulu pake setingan di atas itu pak, sepertinya bisa untuk semua segment.

      Delete
  10. mantebs isi blognya om,,
    ane berhasil thanks om :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ya gan.. Makasih udah mampir dan komen disini :)

      Delete
  11. gan mohon bantuannya. sy kan pakai rb751u trus u web proxy ny sy pake hdd internal (hardis PC 3,5" sata 250gb) sambung ke usb rb pakai konverter "ATA/SATA to USB" untuk settingn web proxy/transparan proxynya biar maksimal kerjanya gimana (sy pakai os v5.26)? sperti -max client connection..... -max server connection.....-max fresh time....-serialize connection....-always from cache....-Hit DSCP(tos).....nilai u settingan tersebut sebaiknya diisi brapa u dapatakn kerja maksimal web proxynya dgn pemakaian hdd 250gb tersebut. sblumnya sy ucapkan trims

    ReplyDelete
  12. gan mohon bantuannya. sy pakai rb751u OSv5.26. u web proxy sy gunakan hdd internal (hardisk PC 3,5" sata 250gb) sbenarnya web proxy ny udah berfungsi tp sy blum yakin kalau settinganx udah yg terbaik/maksimal. terutama u di menu "web proxy setting" nilai yg sebaiknya digunakn u web proxy sy dgn memakai hdd250gb tersebut. sbelumnya sy ucapkan trims yg sebesar2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya biasanya menggunakan setingan default mikrotik nya, jadi untuk parameter yg anda sebutkan itu saya biarkan seperti aslinya dan hasilnya sudah lumayan.
      Silakan anda coba experimen sendiri dengan mengubah parameter tersebut.

      Delete
  13. siang mas...
    saya punya case ni,,

    "di kantor saya di sediakan jaringan akses buat fasilitas internet.tapi sepenuh buat browsing di batasi hanya dapat mengakses yahoo,gmail,google,,facebook,twiter,,
    tapi mas saat pekerjaan saya membutuhkan browsing web ke youtube,,jaringan internet memblok ..web di batasi ubungi bagian it,bla,bla,bla.

    sebelumnya,,setingan internet di com semua ruangan di kantor saya ,,,melalui internet options----- lan setting ----pada proxy server----address 192.168.0.9 port 8080..."


    mohon bantuannya, gimana cara agar dapat mengakses web yang di ingikan tanpa da hambatan

    trim atas waktunya ...
    mas mohon bls via email aja yach

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu terjadi karena internet di kantor anda difilter melalui web proxy. Jadi solusinya coba hilangkan saja setingan proxy yang ada. Kalo masih tidak bisa coba pakai proxy luar negeri bisa dicari disini :
      http://hidemyass.com/proxy-list/

      Delete
  14. Artikelnya mantep...

    mau tanya nie bang... hehehe
    maap ye bang wa masih nubie..
    bigini bang...
    saya kan ud setting seperti di atas hbis tu hasilnya sama kayak di atas......
    tetapi buat broswer kq ga'bsa.....

    nah pertanyaan saya biar saya bisa broswer gimana ya gan hehehehe.....

    ReplyDelete
  15. oke pakde.... jos....__
    cuman ada satu kendala. tidak bisa Cachenya,,
    jadi pada saat saya download. data yang sama saya download dr server yang sama pula. masih raning internet, tdk mau ngambil Cache di web prxynya.
    bantuan dong.... matorsuwon sanget pakde...

    ReplyDelete
    Replies
    1. NAH KLO YG ITU MASALAHNYA SAMA DUNK....MASIH RUNING INTERNETNYA PNGAMBILAN CACHE NYA GMN EA

      Delete
    2. Intinya sih ga semua file yang kita download dari internet masuk ke cache nya. Hanya file-file penting yang ukuran nya tidak terlalu besar aja yang masuk.
      Jika anda downlod file mp3 5 mb ga masuk ke cache.

      kemudian jika koneksi internet running, sebelum terkoneksi dengan server web tertentu, maka akan dicarikan dulu apakah web yang mau dibuka itu ada cache nya tidak

      Delete
  16. Mas Rizky, Gimana kalau sebelumnya pake external proxy (CPU), nah skrang CPU nya K.O. Mau pake USB untuk sementara, apa ada setting lain atau ada yg harus di ganti portnya, atau di disable?

    ReplyDelete
  17. mantab artikelnya...
    sy udah berhasil dan web proxy lancar jaya....
    sy mo tanya pak, sbelumnya sy pake limit bw pake layer7 untu bbrapa file ext. stelah enable proxy kok limitnya gak jalan ya? apa yg perlu disetting ulang?

    ReplyDelete
  18. mantab artikelnya....
    sy berhasil dan web proxy berjalan lancar....
    mo tanya juga pak, sy pake limit bw di layer7, setelah sy enable web proxy, limitnya gak mau jalan... apa yg harus diganti atau ditambahkan settingannya ya pak? thanks atas pencerahannya....

    ReplyDelete
  19. mantab artikelnya....
    sy berhasil dan web proxy berjalan lancar....
    mo tanya juga pak, sy pake limit bw di layer7, setelah sy enable web proxy, limitnya gak mau jalan... apa yg harus diganti atau ditambahkan settingannya ya pak? thanks atas pencerahannya....

    ReplyDelete
  20. saya pakai setingan load balancing dengan modem sebagai bridge dan dial dari mikrotik,dan sudah saya setting sama persis dan di connection sudah jalan sprti petunujuk di atas tetapi kok situs yang saya blok tetep bisa jalan di client mungkin ada yg sesuatu yang salah apa itu kira2 gan

    ReplyDelete
  21. mas mau tanya kalo kita hanya menchace web saja tanpa menchace video apakah ada scrip tambahnnya. trimakasih

    ReplyDelete

  22. cara transparent proxy mikrotik untuk menyimpan cache https dan ftp, gimana langkah-langkah nya. mohon info.

    Punya scripts untuk mengatur cache web proxy, waktu cache penuh otomatis akan terhapus secara sendiri nya, parameter nya bisa disesuaikan. mohon info nya.

    ReplyDelete
  23. thanks kawan sangat membantu

    ReplyDelete
  24. Awesome, Thank You for giving me this of the sites which are easy to use and it is very easy way to access the block sites with the help of the proxies.
    access FileCrop in UK

    ReplyDelete
  25. Hey! I have recently started following you and every post of yours inspires me to make stuff on my own. Thanks a lot! It’s a great post.

    ReplyDelete
  26. di rb941 hap lite web proxy ga mau jalan gan, stuk di passtrough, kekecilan kali hddnya :(

    ReplyDelete
  27. boss mu tanya nih bisa ga ya mengalihakan Transparent Proxy mikrotik ke vps digitalocean ?? biar kita ga perlu pc lagi

    ReplyDelete

Silakan anda berikan kritik, saran, masukan atau pertanyaan seputar Mikrotik pada kolom Komentar di bawah ini :

Back To Top