Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Tutorial Cara Reset Mikrotik


Tutorial Cara Reset Mikrotik - Ada berbagai macam alasan bagi kita untuk melakukan reset mikrotik. Mulai dari lupa password (Password reset), untuk mengembalikan ke kondisi awal (default settings), hingga refresh sistem. Nah, bagi anda yang ingin mereset mikrotik, berikut ini ada 3 cara mereset mikrotik. Silakan anda simak : 

1. Cara pertama
Cara pertama yaitu dengan melalui console atau Winbox. masuk ke console dan melakukan perintah
/system reset
nanti ada pertanyaan apakah benar kita mau mereset, tinggal jawab Y(es) aja.
dengan perintah diatas maka mikrotik kita akan di set konfigurasi default yang biasanya port ether2 dikasih dhcp dengan ip 192.168.88.1/24

kadangkala konfiguasi default itu justru mengganggu untuk konfigurasi kita kedepannya. saran saya sih dibuang aja tuh konfigurasi dasar. Cara membuangnya adalah kalau kita sudah terlanjur melakukan reset dengan cara diatas, nanti pada saat kita masuk lewat winbox ada pop-up apakah kita akan membuang konfigurasi awal tadi atau tidak. cara kedua agar pada saat kita reset tidak membuat konfigurasi awal, perintanya adalah
/system reset-configuration no-default=yes
2. Cara Kedua
Cara kedua adalah dengan menekan tombol reset. Silakan cari tombol reset karena masing-masing routerboard berbeda-beda tempatnya namun biasanya ada lubang kecil di routerboard dan harus ditusuk menggunakan alat karena tidak bisa langsung dengan jari, biasanya saya menggunakan ujung pulpen untuk menusuknya, namun hati-hati dalam menusuk jangan terlalu kuat karena tombolnya rentan. Perlahan saja namun rasakan bunyi “tek” karena tombol sudah tertekan. Banyak pemula yang karena keras menekannya sampai tombolnya copot. Cara meresetnya adalah telan tombol reset dan jangan dilepas, terus cabut dan pasang powernya sehingga routerboard menyala. tunggu beberapa saat hingga lampu berkedip-kedip. Setelah itu restart routerboard.

 Cara Reset Mikrotik RB750

262 hi res.png
  1. Lepas kabel powernya
  2. Tekan tombol reset tanpa dilepas, kemudian tancapkan kabel powernya dalam kondisi tombol reset masih ditekan
  3. Tunggu hingga lampu ACT berhenti berkedip
  4. Coba cek login dengan Winbox
Resethole.jpg

Semua model RouterBOARD saat ini juga dilengkapi dengan lubang jumper reset. Beberapa perangkat mungkin perlu pembukaan casing untuk melakukan reset, RB750/RB951/RB751 memiliki lubang jumper di bawah salah satu kaki karet pada casing nya.
Menggunakan: Tutup jumper dengan obeng logam, dan booting ulang agar konfigurasi dihapus.  

Cara Reset Mikrotik RB133

CRW 5184.jpg

Catatan: Untuk RB133 jangan lupa melepas jumper setelah konfigurasi direset, atau mikrotik anda akan terus reset setiap kali reboot.  

3. Cara Ketiga
Bila kedua cara diatas tidak berhasil, cara ketiga adalah harus membuka chasing dan melakukan jumper. Cari di pcb routerboard lempeng kuningan bernbentuk lingkaran namun terpotong seolah 2 setengah lingkaran yang berhadapan. Tinggal tekan dengan obeng atau benda penghantar lain agar kedua setengah lingkaran itu terhubung.

Demikian info seputar Tutorial Cara Reset Mikrotik. Semoga bisa membantu anda dalam belajar mikrotik :)
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tutorial Cara Reset Mikrotik di blog Kumpulan Tutorial Mikrotik Indonesia jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

6 comments

gan aq khan lupa password mikrotik dan tak reset dan dapat dhcp, tp koq tetap az masih salah password ya.tp koneck cuma g bisa seting mikrotiknya,gmana caranya biar bisa login ya??

Balas

alo udah di reset ya ga mungkin dapet DHCP gan, setingan IP address Mikrotik nya kan balik lagi ke static dg IP address 192.168.88.1.
Kalo kasusnya seperti itu berarti masih belum reset mikrotik nya. Coba reset lagi aja gan, pastikan udah ter-reset mikrotik nya

Balas

gan...apabila reset router mikrotik, untuk settingan bandwidth mikrotik berubah atau tidak? TQ gan...

Balas

hilang semua gan, karena kalo di reset semua setingan nya balik lagi ke awal waktu kita beli.

Balas

sangat membantu skali, trnyata cara hardresetnya gtu ya, hehe
pantesan dihrdreset gabisa2, stlah baca tutorial ini langsung tokcer hehe..
makasih bgt

Balas

gan kalo lupa password kemudian saya pencet tombol reset .. apakah akan menghapus backup files yang tersimpan pada router ? trims...

Balas

Silakan anda berikan kritik, saran, masukan atau pertanyaan seputar Mikrotik pada kolom Komentar di bawah ini :