Kumpulan Tutorial Mikrotik Indonesia

Belajar Mikrotik berupa Tutorial mikrotik, Setting Mikrotik Hotspot, Download Winbox Mikrotik ada disini Tutorial Mikrotik Indonesia blog

Lupa Password Wifi Mikrotik? Begini Cara Mengetahui nya

Lupa Password WiFi memang kadang terjadi, terutama pada perangkat wifi yang sudah lama kita tidak mengakses nya. Saya juga kadang demikian, apalagi kalau baru menghidupkan perangkat mikrotik yang sudah lama gak dinyalakan. Bahkan kadang user dan password mikrotik nya juga kelupaan :D.

Pada dasarnya wifi mikrotik itu bisa dipassword menggunakan enkripsi WEP dan WPA/WPA2. Nah, yang biasa dan sering kita gunakan adalah enkripsi menggunakan WPA/WPA2 PSK dengan chiper aes ccm dan tkip. Selain menggunakan enkripsi WEP dan WPA/WPA2, kita juga bisa memberikan passwod login pada saat konek ke wifi dengan memanfaatkan fitur Hotspot Mikrotik. Kalau kita pakai WiFi hotspot, biasanya sinyal wifi nya open atau tidak di enkripsi.

Nah, disini akan kita bahas cara mengetahui password wifi mikrotik yang lupa, baik password enkrpsi WPA/WPA2 ataupun user dan pass login hotspot mikrotik. Untuk enkripsi WEP tidak kita bahas karena sudah jarang digunakan.

Untuk dapat melihat password wifi mikrotik yang lupa, syaratnya adalah kita harus bisa login ke Mikrotik nya. Pastikan Username dan Password untuk login Mikrotik nya tidak lupa juga ya. Kalau lupa ya sudah lah.. Ikhlaskan saja :D. Jika hal ini terjadi, mau gak mau ya kita reset saja konfigurasi Mikrotik nya dan setting ulang. Karena kita tidak bisa melihat password wifi mikrotik jika tidak bisa login ke mikrotik nya.

Cara Mengetahui Password WiFi Mikrotik dengan Enkripsi WPA/WPA2 PSK

1. Login ke Mikrotik menggunakan Winbox Mikrotik

2. Masuk ke menu Wireless --> Klik 2x interface wireless nya (misal wlan1)


3. Masuk ke tab Wireless --> Cek pada kolom Security Profile --> Lihat nama Security Profile yang digunakan.


4. Pada Menu Wireless --> masuk ke tab Security Profiles --> Pilih nama profile yang digunakan.

5. Nah, untuk melihat karakter yang bertanda bintang "*" pada kolom WPA2 Pre-Shared Key itu kita bisa menggunakan menu Settings --> Hilangkan centang pada Hide Passwords.


6. Sekarang karakter bintang nya sudah berubah menjadi karakter password.

7. Selain menggunakan Menu pada Winbox Mikrotik, kita juga bisa menggunakan Terminal untuk melihat password wifi mikrotik. Caranya dengan memasukkan perintah :

interface wireless security-profiles print

Password nya akan terlihat pada bagian wpa2-pre-shared-key.

Cara Melihat Username dan Password WiFi Hotspot Mikrotik yang Lupa

1. Masuk ke menu IP --> Hotspot --> Tab Users --> Pilih username yang ingin dilihat password nya


2. Selain itu, kita juga bisa melihat password wifi hotspot mikrotik menggunakan terminal. Cara nya hampir sama seperti di atas. Masukkan command berikut pada terminal :

ip hotspot user edit admin value-name=password
Silakan ganti username admin dengan username yang anda inginkan.


Password username hotspot tersebut akan muncu pada text editor Terminal. Untuk keluar bisa tekan tombol CTRL + C atau tinggal close saja terminal nya.

Mudah kan? Cara ini juga bisa digunakan untuk melihat password pada menu lain di winbox. Caranya sama saja, yang penting menu Settings --> Hide Passwords nya jangan diaktifkan, sehingga password nya bisa kita lihat.