-->

Kumpulan Tutorial Mikrotik Indonesia

Belajar Mikrotik berupa Tutorial mikrotik, Setting Mikrotik Hotspot, Download Winbox Mikrotik ada disini Tutorial Mikrotik Indonesia blog

Tuesday, February 26, 2013

Belajar Mikrotik : Cara Akses Mikrotik

Belajar Mikrotik : Cara Akses Mikrotik - Perangkat Mikrotik dapat diakses dengan menggunakan berbagai media, dan cara akses Mikrotik nya pun berbeda-beda. Ada 4 cara mengakses MikroTik Router, antara lain :

1. Via Console/Command Mikrotik
Mikrotik bisa  kita akses langsung  via console/shell maupun remote akses menggunakan PUTTY (www.putty.nl). Caranya tinggal masukkan alamat IP Mikrotik ke kolom Host Name nya PuTTY.


Tips Command : "Manfaatkan auto complete" (mirip bash auto complete di linux) Tekan Tombol TAB di keyboard untuk mengetahui/melengkapi daftar perintah selanjutnya. Jadi perintah yang panjang tidak perlu kita ketik lagi, cukup ketikkan awal perintah itu, lalu tekan TAB-TAB maka otomatis Shell  akan menampilkan/melengkapi daftar perintah yang kita maksud.

Contoh:

Download Putty disini.

Cukup  ketikkan Ip Fir >>> lalu tekan TAB  >>> maka otomatis  shell akan melengkapi menjadi Ip Firewall. Lalu ketik “..” (titik dua) untuk kembali ke sub menu diatasnya, dan ketik “/“ untuk kembali ke root menu.

2. Via Web Browser
Mikrotik bisa juga di\akses via web/port 80 pada browser. Contoh : ketik di browser IP mikrotik kita: 192.168.1.10.



3. Via Winbox
Mikrotik  bisa  juga diakses/remote  menggunakan  tool  winbox (utility kecil di windows yang sangat praktis dan cukup mudah digunakan). Winbox merupakan tool untuk meremote Mikrotik yang paling populer karena selain mudah juga dapat menampilkan menu-menu pada Mikrotik secara GUI. Tampilan awal mengaktifkan winbox seperti ini : 


Winbox bisa mendeteksi mikrotik yang sudah di install asal masih dalam satu network, yaitu dengan mendeteksi MAC address dari ethernet yang terpasang di Mikrotik. Untuk bisa mengakses mikrotik menggunakan winbox bisa dengan menggunakan IP Address Mikrotik maupun MAC Address nya.

 Download Winbox disini.

4.    Via Telnet


Kita dapat me-remote MikroTik menggunakan telnet melalui program aplikasi ”command prompt” (cmd)  yang ada pada windows yang fitur Telnet nya sudah diaktifkan. Namun, penggunaan telnet tidak dianjurkan dalam jaringan karena masalah keamanannya.

Contoh :

Itulah tadi 4 cara dalam mengakses Mikrotik. Bagi anda yang sedang belajar Mikrotik bisa mencoba-coba menggunakan masing-masing cara di atas untuk latihan. Selamat Mencoba :)

2 Komentar Belajar Mikrotik : Cara Akses Mikrotik

  1. maaf mau nanya gimana caranya untuk melihat ip address komputer yang ada di menu "Queue Tree" yah??
    saya baru pake, krg ngerti, hehe..

    ReplyDelete
  2. Mas Rizky, mohon ijin artikelnya saya copy dan bagikan nggeh, buat tugas, Terimakasih sebelumnya. Sukses selalu buat sampean atas ilmu-ilmu yang dibagikan. Aamiin

    ReplyDelete

Silakan anda berikan kritik, saran, masukan atau pertanyaan seputar Mikrotik pada kolom Komentar di bawah ini :

Back To Top