-->

Kumpulan Tutorial Mikrotik Indonesia

Belajar Mikrotik berupa Tutorial mikrotik, Setting Mikrotik Hotspot, Download Winbox Mikrotik ada disini Tutorial Mikrotik Indonesia blog

Monday, February 25, 2013

Komponen Dasar Jaringan Komputer dan Pengertiannya

Komponen Dasar Jaringan Komputer dan Pengertiannya - Sebelum kita lanjut belajar Mikrotik, ada baiknya belajar dulu tentang dasar dari Jaringan Komputer itu sendiri yang nantinya ilmu ini akan digunakan juga pada pemasangan dan penggunaan Mikrotik. Jaringan komputer adalah sekelompok  komputer otonom yang saling  dihubungkan satu sama lainnya, menggunakan suatu media dan protocol komunikasi tertentu, sehingga dapat saling berbagi data dan informasi. Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi yang lebih efisien antar pemakai (mail dan teleconference).


Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan  komputer  merupakan sekelompok  komputer  otonom  yang saling  menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat berbagi data, informasi, program aplikasi dan perangkat keras seperti printer, scanner, CD-Drive maupun harddisk serta memungkinkan  komunikasi secara elektronik.

Sedangkan  pada   Aplikasi  home user,  memungkinkan komunikasi antar pengguna lebih efisien (chat), interaktif entertainment lebih multimedia (games, video,dan lain-lain).
Router adalah perangkat yang akan melewatkan paket IP  dari suatu  jaringan ke jaringan yang lain, menggunakan metode addressing dan protocol tertentu untuk melewatkan paket data tersebut.

Pengertian Router

Router adalah suatu alat yang memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang mungkin memiliki banyak jalur diantara keduanya. Router-router  yang saling  terhubung dalam jaringan internet turut serta dalam sebuah algoritma routing terdistribusi untuk menentukan jalur terbaik yang dilalui paket IP dari system ke system lain. Proses routing dilakukan secara hop by hop. IP tidak mengetahui jalur keseluruhan menuju tujuan setiap paket. IP routing hanya menyediakan IP address dari router berikutnya yang menurutnya lebih dekat ke host tujuan.

Fungsi Router:

  • Membaca alamat logika / ip address source & destination untuk menentukan routing dari suatu LAN ke LAN lainnya.
  • Menyimpan routing table untuk menentukan rute terbaik antara LAN ke WAN.
  • Perangkat di layer 3 OSI Layer.
  • Bisa berupa “box” atau sebuah  OS yang menjalankan sebuah daemon routing.
  • Interfaces Ethernet, Serial, ISDN BRI.

Pengertian Sistem Operasi

Sistem  operasi adalah sekumpulan rutin perangkat lunak yang berada diantara program aplikasi dan perangkat keras (Bambang Hariyanto,2006,hal 25). Sistem operasi memiliki tugas yaitu mengelola seluruh sumber daya sistem komputer dan sebagai penyedia layanan.

Sistem  operasi  menyediakan System  Call  (berupa  fungsi-fungsi  atau  API=Application Programming Interface). System Call ini memberikan abstraksi tingkat tinggi mesin untuk pemrograman. System Call berfungsi menghindarkan kompleksitas pemrograman dengan memberi sekumpulan instruksi yang lebih mudah dan nyaman, sistem operasi  juga sebagai  basis  untuk program lain dimana program aplikasi  dijalankan diatas  sistem  operasi,  program-program itu memanfaatkan sumber  daya sistem  komputer  dengan cara meminta  layanan sistem  operasi mengendalikan sumber daya untuk aplikasi sehingga penggunaan sumber  daya sistem  komputer dapat dilakukan secara benar dan efisien.

Sistem operasi yang dikenal antara lain :
  • Windows (95, 98, ME, 2000, XP, VISTA, SERVER, Windows7)
  • Linux (Red Hat, Slackware, Ubuntu, Fedora, Mikrotik, Debian, OpenSUSE)
  • UNIX
  • FreeBSD (Berkeley Software Distribution)
  • SUN (SOLARIS)
  • DOS (MS-DOS)
  • Machintosh (MAC OS, MAC OSX)

Klasifikasi Jaringan Komputer :


LAN   (Local  Area Network) adalah Jaringan   komputer   yang  saling   terhubung   ke   suatu komputer server  dengan menggunakan topologi  tertentu,  biasanya  digunakan dalam
kawasan satu gedung atau kawasan yang jaraknya tidak lebih dari 1 km.

MAN (Metropolitan Area Network) adalah Jaringan komputer yang saling terkoneksi dalam satu kawasan  kota yang jaraknya bisa  lebih dari 1 km. Pilihan  untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota, kampus dalam satu kota.
WAN (Wide Area Network) adalah Jaringan  komputer yang menghubungkan banyak LAN  ke dalam suatu  jaringan terpadu, antara satu  jaringan dengan jaringan lain dapat berjarak ribuan kilometer atau terpisahkan  letak geografi dengan menggunakan metode komunikasi tertentu.

Secara garis besar ada beberapa tahapan dalam membangun  jaringan LAN, diantaranya ;
  •     Menentukan teknologi tipe jaringannya (Ethernet, Fast Ethernet, Token Ring, FDDI)
  •     Memilih model perkabelan (Fiber, UTP, Coaxial)
  •     Menentukan bentuk topologi jaringan (Bus, Ring, dan Star)
  •     Menentukan teknologi Client/Server atau Peer to Peer
  •     Memilih Sistem Operasi Server (Windows NT, 2000, XP, atau Linux)

Pengertian Gateway


Gateway adalah pintu gerbang sebagai keluar-masuknya paket data dari local network menuju outer network. Tujuannya agar client pada local network dapat berkomunikasi dengan internet. Router  dapat disetting  menjadi Gateway dimana ia menjadi penghubung antara jaringan local dengan jaringan luar.

Pengertian Proxy Server


Proxy Server adalah sebuah  fasilitas  untuk  menghubungkan diri  ke internet  secara  bersama-sama. Memenuhi permintaan user untuk layanan Internet (http, FTP,Telnet) dan mengirimkannya sesuai dengan kebijakan. Bertindak sebagai gateway menuju layanan. Mewakili paket data dari dalam dan dari luar. Menangani semua komunikasi  internet  – ekternal. Bertindak sebagai  gateway antara mesin  internal dan eksternal.  Proxy  server  mengevaluasi  dan mengontrol permintaan dari client, jika sesuai policy dilewatkan jika tidak di deny/drop. Menggunakan metode NAT. Memeriksa isi paket.

Pengertian Firewall


Firewall adalah sistem  keamanan yang menggunakan device atau sistem  yang diletakkan di dua jaringan dengan fungsi utama melakukan filtering terhadap akses yang akan masuk. Berupa seperangkat hardware atau software, bisa juga berupa seperangkat aturan dan prosedur yang ditetapkan oleh organisasi. Firewal  juga dapat disebut  sebagai sistem atau  perangkat yang mengizinkan  lalu  lintas  jaringan yang dianggapnya aman untuk melaluinya dan  mencegah lalu  lintas  jaringan  yang tidak  aman. Umumnya firewall diimplementasikan   dalam sebuah mesin  terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan local dan jaringan lainnya. Firewall juga umumnya digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari hak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah generic yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda.

Pengertian Virtual LAN


Virtual LAN (VLAN) adalah berupa suatu software dari device switch yang berfungsi  untuk mengelompokan user berdasarkan fungsional, 1 broacast domain (1 VLAN) dan antar VLAN dapat terkoneksi dengan router.

Teknologi  VLAN adalah suatu cara yang memisahkan segmen-segmen pada switch dimana antara 1  segmen  dengan segmen  lain  tidak  dapat terkoneksi,  koneksi  dapat dilakukan dengan menggunakan router. Dalam satu switch akan berbeda network-id-nya dan berbeda broadcast domainnya.

Demikianlah artikel tentang Komponen Dasar Jaringan Komputer dan Pengertiannya di blog tentang Tutorial Mikrotik Indonesia ini. Semoga bermanfaat :)

12 Komentar Komponen Dasar Jaringan Komputer dan Pengertiannya

  1. Mantap gan sangat membantu, mampir juga Mbedudul.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. saya ingin bertanya,,karena saya seorang yang ilmu jaringanya hanya sedikit,,mohon kiranya untuk membantu saya,,?
    nama saya jaka tawang saya lulusan smk teknik jaringan komputer,,saya ingin melanjutkan kuliah tetapi keuangan saya tidak mendukung karena saya terlahir dari keluarga yang tidak mampu,
    jadi untuk belajar ilmu jaringan saya tidak bisa karena tidak ada uang untuk membayar kuliah atau tempat kursus,,tetapi keinginan saya sangat besar dengan tekat ingin bisa,,kdang2 saya berfikir kemana saya harus belajar,,siapa yang akan mengajarkan saya,,maaf bila saya menggangu,dan maaf juga bila artikel saya buat ini sebagai curhatan diri saya,,
    saya mulai menemukan jalan untuk belajar,yaitu dari internet dunia maya,,tetapi saya mengalami kesulitan karena saya tidak memahami betul smua artikel2 di google,karena rata2 artikel yg dimuat di internet lebih di peruntukan bagi orang2 yg sudah mengerti,,pertanyaan saya adakah artikel yg membahas lebih detail lebih lengkap tentang ilmu jaringan dari nol..??
    1.dari instalasi windows server
    2.kemudian apa saja yang harus di setting atau di instal setelah selesai instalasi windows server
    3.jika server selesai semua apa saja lagi yang harus di siapkan untuk membuat sebuah jaringan
    Sebenarnya msih banyak lagi yang ingin saya ketahui dan ingin sya pelajari..
    apapun akan saya lakukan untuk belajar banyak maslah jaringan asalkan tidak bertentangan dengan agama dan juga biaya yang cukup mahal,,karena saya tidak memiliki banyak uang,,dan adakah orng yang rela membagi ilmunya untuk orng seperti saya,karena saya berkeinginan kera untuk belajar,,
    untuk saat ini saya akan mengumpulkan sejumlah artikel baik itu tulisan atapun video tentang ilmu jaringan komputer,,terima kasih saudaraku semoga engkau membantuku,dan semoga tuhan memberikanmu ilmu yg tidak pernah habis dan bermanfaat bagi dunia dan akhirat

    nama : jaka tawang septa wijaya
    umur : 22 tahun
    alamat :jl.letnan munandar gng cempaka rt 007 rw 004 tl jawa utara lahat sumatera selatan indonesia
    pendidikan terakhir : smk/sma
    tlvn : 6282280088114 | 6281990094872
    Email : jaka.elbarca@gmail.com
    terima kasih bnyak saudara,smoga Tuhan membalas kebaikanmu

    ReplyDelete
  3. Mas Rizky, ijin share untuk tugas, terimakasih

    ReplyDelete
  4. Bingung juga buat pemula seperti saya :3

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat banget makasih ilmunya , izin share

    ReplyDelete
  6. Terima kasih gan atas tutorialnya, saya ingin sekali menguasai mikrotik

    ReplyDelete
  7. Terima kasih gan atas tutorialnya

    ReplyDelete
  8. bahasanya terlalu tinggi jika untuk pemula, kalau untuk orang yg sudah paham IT tidaklah masalah

    ReplyDelete

Silakan anda berikan kritik, saran, masukan atau pertanyaan seputar Mikrotik pada kolom Komentar di bawah ini :

Back To Top