-->

Kumpulan Tutorial Mikrotik Indonesia

Belajar Mikrotik berupa Tutorial mikrotik, Setting Mikrotik Hotspot, Download Winbox Mikrotik ada disini Tutorial Mikrotik Indonesia blog

Friday, March 1, 2013

Tutorial Cara Belajar Mikrotik tanpa RouterBoard dengan VMWare

Tutorial Cara Belajar Mikrotik tanpa RouterBoard dengan VMWare - Bagi anda yang ingin belajar Mikrotik tapi tidak punya Router Board nya ga usah kuatir, karena kita masih bisa belajar mikrotik dengan menggunakan file iso Mikrotik. Jadi sebenarnya Mikrotik itu adalah Linux yang dibuat khusus untuk Router. Sehingga kita ga perlu punya router board nya, yang penting punya software Mikrotik nya dalam bentuk file ISO. File ISO Mikrotik ini bisa dijalankan di PC bekas (Baca Artikel sebelumnya : Tutorial Cara Instalasi Mikrotik RouterOS). Namun kali ini kita akan install tanpa PC bekas tambahan yaitu dengan menjalankan menggunakan Virtual Machine seperti VMWare Player, VMware Workstation, Virtual Box, dll.



Kemudian dari VM itu kita koneksikan ke Winbox. Tinggal kita otak-atik aja deh mikrotiknya, experimen buat belajar Mikrotik :). Oke langsung aja ya ke caranya, berikut hal-hal yang dibutuhkan untuk Belajar Mikrotik tanpa Perlu Punya Router Board Mikrotik :
  • Komputer/Laptop
  • File ISO Mikrotik
  • Virtual Machine (saya menggunakan VMWare Workstation)
  • Semangat untuk belajar dengan hal yang agak ribet menyenangkan :D
Nah kalo hal-hal di atas udah terpenuhi, kita langsung aja ke langkah-langkah nya :

Proses Instalasi ISO Mikrotik OS

1. Download file ISO Mikrotik nya. Kalian bisa download disini (Udah termasuk lisensi level 6. Mohon gunakan HANYA UNTUK TUJUAN BELAJAR SAJA!)

2. Jalankan ISO Mikrotik nya di Virtual Machine. Dalam hal ini saya menggunakan VMWare Workstation. Ketika membuat Harddisk baru di VM nya kasih space kecil aja misal 200MB, karena Mikrotik ini ga butuh space banyak kok. Biar Harddisk kalian ga cepet abis ;)

3. Jalankan VM Mikrotik nya, dan lakukan proses instalasi Mikrotik dengan memilih (check) semua pilihan yang ada dengan tombol 'a'. Kalo udah dicentang semua tekan tombol 'i' untuk meginstall Mikrotik.
4. Tunggu bentar sampe proses instalasi nya selesai. Sabar yahh, cuma bentar kok ;) Kalo udah selesai tekan tombol Enter untuk reboot

Konfigurasi Jaringan

1. Setelah proses instalasi Mikrotik OS nya selesai, coba masuk ke system Mikrotik nya. Masukkan user login : admin dan password : 'kosongin aja'

2. Selamat anda sudah berhasil masuk system Mikrotik di VM. Disini kita cuma bisa memasukkan perintah berbasis text aja, ga ada mode GUI nya. Sekarang kita mulai konfigurasi jaringan nya agar bisa terkoneksi ke jaringan lokal PC terutama biar bisa buka Winbox. Silakan Download Winbox disini.

3. Pada VM nya masuk ke settings, rubah Network Adapter nya ke custom VMNet1. Untuk yang pake VM lain macam Virtual Box silakan menyesuaikan aja ya.

4. Selanjutnya coba buka Winbox, cek apakah udah terdeteksi Mikrotik nya. Kalo udah langsung login aja pake data login yang sama. Kalo ga bisa login coba cek lagi konfigurasi jaringannya. Disable aja Adapter VMnet8 biar ga bingung Winbox nya.



5. Pada Winbox nya cuma ada 1 interface yaitu Ether 1 doang, jadi lumayan ribet sebenarnya karena biasanya kita praktek pake wlan dan disitu ga ada wlan nya karena memang secara fisik di VMWare ga punya interface wireless. Jadi ya kita cuma bisa pake Ether 1 aja.

6. Tapi gapapa, kita masih bisa nambah Virtual Ethernet buat membantu kerja kita nanti kalo mau nyoba bikin hotspot biar bisa masuk ke user manager hotspot nya.

7. Alokasikan IP address buat Ether 1 misal : 192.168.1.1/24 Alokasikan juga IP address satu jaringan untuk Adapter VMnet1 nya biar bisa konek ke hotspot nya di browser.

Dari semua tutorial di atas sangat dimungkinkan sekali untuk kondisi error. Karena memang kita tidak punya Mikrotik nya secara fisik, hanya menjalankannya secara virtual, sehingga kesalahan mungkin saja terjadi.

Untuk lebih mudahnya, silakan gunakan cara terbaru untuk Balajar Mikrotik Tanpa RouterBoard dengan menggunakan GNS3 (Mikrotik Packet Tracer) :

Belajar Mikrotik tanpa RouterBoard Menggunakan GNS3

 
Demikianlah artikel Tutorial Cara Belajar Mikrotik tanpa RouterBoard dengan VMWare yang saya repost dari web saya rizkyagung.net. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)

16 Komentar Tutorial Cara Belajar Mikrotik tanpa RouterBoard dengan VMWare

  1. Oke sob, sayangnya pake vmware.
    cobain juga yang ini ...
    Belajar Mikrotik Secara Virtual tanpa Router Board dan tutorial mikrotik lainnya secara virtual.
    Pake virtualbox, bisa 4 ethernet,

    btw, blognya enak dilihat...
    see u.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih postingan ini bermAnfaat bagi saya karna besok pagi saya akan melaksanakan ujian praktek, dengan adanya postingan ini saya dapat membuka winbox walaupun IP client dalam keadaan dhcp. thanks

      Delete
  2. oia cara seting modem usb gmana nih sama share internet nya? saya kurang tahu dan mohon bantuan . terima kasih sebeumnya

    ReplyDelete
  3. mohon pencerahannya saya udah ikutin langkah tersebut dan udah sampe ke winbox dan udah setting hotspotnya tapi ketika membuka browser dan memasukkan ip yg keluar malah webfig terus bukannya seharusnya loginpage hotspot ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena anda mengakses Ip address webfig nya bukan IP address yang dipake pada hotspot nya. Coba akses IP address lain yang anda pakai.

      Delete
  4. Oh njenengan yang wktu ikut pesta blogger banjarnegara yaa mas ? artikelnya sangat membantu buat praktek , terimakasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya. makasih udah mampir ya :)

      Delete
    2. gan ane udah install dan berhasil tapi yang ane bingunggin gimane cara seting mikrotiknya di PC buat 7 client

      Delete
    3. gan ane udah install dan berhasil tapi yang ane bingunggin gimane cara seting mikrotiknya di PC buat 7 client

      Delete
  5. gan ane udah install dan berhasil tapi yang ane bingunggin gimane cara seting mikrotiknya di PC buat 7 client

    ReplyDelete
  6. buat Tutor kok setengah setengah,,, ilmunya pasti setengah............................

    ReplyDelete
  7. gan ane udah ikutin, tapi waktu di virtual machine editor nya menu CONNECTED kok gak bisa di centang ya,
    jadi pas masuk ke http://192.168.1.1 itu lama dan gak muncul halaman mikrotik nya

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Memang kadang begitu. Saya Sarankan untuk coba pakai Simulator GNS3 saja gan. cek disini :
    http://mikrotikindo.blogspot.com/2015/03/gns3-simulator-mikrotik-packet-tracer.html

    ReplyDelete
  10. proses donlod gan :D
    makasih banget share software bginian, bneran btuh ane

    ReplyDelete
  11. terima kasih infonya..Ini sangat membantu pelajaran kami..

    This is a great Article...
    Please, visit my link to st3telkom.ac.id

    ReplyDelete

Silakan anda berikan kritik, saran, masukan atau pertanyaan seputar Mikrotik pada kolom Komentar di bawah ini :

Back To Top