Tutorial Setting Internet Speedy menggunakan Mikrotik + Wifi

shares |

Tutorial Setting Internet Speedy menggunakan Mikrotik RB751-2HnD dengan melakukan sharing koneksi Internet menggunakan WiFi akan kita bahas pada artikel kali ini. Sebelumnya sudah pernah dibahas tentang Tutorial Cara Setting Speedy Mikrotik RB750 via Winbox. Pada artikel tersebut kita menggunakan Mikrotik RB750 sebagai pengganti modem ADSL Speedy dengan menggunakan interface PPPoE client Speedy. 

Namun, kali ini sedikit berbeda, karena kita masih tetap menggunakan modem ADSL Speedy sebagai PPPoE Client dan DHCP Server. Disini juga menggunakan Mikrotik RB751-2HnD yang memiliki 5 port ethernet dan satu port Wlan1 sehingga bisa sharing koneksi internet via WiFi.

Secara garis besar topologi jaringan yang akan kita buat adalah sebagai berikut :


Modem ADSL Speedy 
  • PPPoE Client Speedy
  • DHCP Server
Mikrotik RB751-2HnD
  • DHCP Client dari modem Speedy
  • DHCP Server untuk clint PC dan Wifi
  • Ether1 --> sebagai gateway menuju ke Modem Speedy
  • Ether2 --> menuju ke PC Client
  • Wlan1 --> sebagai Access Point untuk share koneksi internet ke client via WiFi
  • Ether 2 dan Wlan1 di bridge
Oke sekarang kita mulai cara seting Internet Speedy menggunakan Mikrotik + Wifi. Untuk tutorial lengkapnya sudah saya buatkan dalam bentuk video yang sudah saya upload ke Youtube. Silakan anda lihat video berikut ini supaya lebih jelas.


 

Oke, selamat mencoba dan semoga Tutorial Setting Internet Speedy menggunakan Mikrotik + Wifi ini dapat bermanfaat dan membantu anda. Thanks :)

Baca Tutorial Mikrotik Lainnya

10 comments:

  1. upload ulang dong bro videonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kenapa bro? video nya masih bisa diputer kok, kalo ga jelas bka aja di youtube naikin kualitas videonya

      Delete
  2. klo rb750 bisa pake buat setting share via wifi juga kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa gan, kan ga ada interface wireless nya

      Delete
    2. kalau pakai rb750, trus di ether3 nya di pasang AP TP Link jadinya gimana gan Rizky? Saya sudah coba setting DHCP Server. AP nya di IP Statis, udah di buat hotspot nya. tapi tidak ada internet access, NAT dan route nya ok.

      Delete
  3. Gan, saya pake ISP Speeai AP, semua tdy. kalo pake 2 modem cara settingnya gimana, 1 modem adsl sebagai gateway, 1 modem wifi sebagersambung di mikrotik. yang saya bingung setingan di modem wifinya, apakah perlu di beri username dan password speedy juga di setup modemnya? tolong kasih tutorial set modemnya dong. Tks

    ReplyDelete
  4. Sebelumnya terimakasih banyak informasinya, saya sudah ikutin semua langkahnya tapi kenapa belum bisa connected ya, masih saja limited statusnya dikomputer saya?

    ReplyDelete
  5. Gan.kali speedy nya ane udh pake yg modem wireless gimana? Apakah saya harus pasang interface AP lg di mikrotiknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dari kebutuhan dan kegunaan Mikrotik nya bagi anda. Kalau Modem Speedy nya sudah ada AP, tidak usah pakai Mikrotik juga gapapa. Tapi kalau tujuan anda pakai Mikrotik mau manage koneksi nya, bisa sambungin aja modem wireless speedy nya ke mikrotik pakai kabel LAN. Kalau tujuannya mau internetan pakai WiFi, berarti butuh Mikrotik yg support interface wlan buat AP nya, jadi nanti ada 2 AP. AP Speedy dan Mikrotik

      Delete

Silakan anda berikan kritik, saran, masukan atau pertanyaan seputar Mikrotik pada kolom Komentar di bawah ini :