Belajar Mikrotik tanpa RouterBoard Menggunakan GNS3 Simulator

shares |

Pernahkah anda belajar jaringan menggunakan Cisco Packet Tracer? Jika pernah, mungkin anda merasa dimudahkan dengan fitur-fitur nya dimana kita bisa membuat sendiri topologi jaringan yang kita inginkan dengan hanya "drag and drop". Namun sayangnya aplikasi tersebut hanya bisa menggunakan Cisco, tidak bisa digunakan dengan Mikrotik. Nah, pertanyaannya adakah Mikrotik Packet Tracer? Jawabannya, belum ada :D.

Kabar baiknya, Mikrotik packet tracer bisa kita wujudkan dan implementasikan dengan menggunakan aplikasi GNS3. GNS3 (Graphic Network Simulator) adalah software simulasi jaringan komputer berbasis GUI yang mirip dengan Cisco Packet Tracer. 


Pada GNS3 memungkinkan simulasi jaringan yang komplek, karena menggunakan operating system asli dari perangkat jaringan seperti cisco, juniper, Mikrotik, dll. Sehingga kita berada pada kondisi lebih nyata dalam mengkonfigurasi router langsung daripada di Cisco Packet Tracer. Yang lebih hebatnya lagi, simulasi jaringan yang kita buat dapat dikoneksikan ke jaringan nyata, jadi seperti belajar di lab virtual.



Namun, untuk bisa menggunakan GNS3 dengan Cisco maupun Mikrotik, kita harus menyediakan sendiri file image IOS maupun RouterOS nya yang akan di running pada Qemu atau VirtualBox. Oleh karena itu kita juga harus menyediakan lisensi dari file image tersebut.

Oke, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Belajar Mikrotik tanpa RouterBoard Menggunakan GNS3. Pada dasarnya untuk dapat memasukkan Mikrotik ke GNS3 kita harus menginstall dulu RouterOS di salah satu software Virtual Machine, yaitu Qemu atau VirtualBox. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut perbandingan software Virtual machine untuk GNS3 :


Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa Qemu lebih unggul dari semua software VM yang ada. Namun, untuk instalasi dan penggunaan nya lebih rumit dari lainnya. Sedangkan Virtualbox untuk instalasi dan penggunaannya lebih mudah, namun lebih banyak memakan memori dan 1 image OS hanya dapat digunakan untuk 1 router saja, jadi jika ingin menggunakan 5 router ya install 5 image OS di VirtualBox.

Nah, untuk selanjutnya akan kita bahas penggunaan Mikrotik di GNS3 menggunakan Qemu dan VirtualBox :

1. Cara Install dan Setting Mikrotik di GNS3 menggunakan VirtualBox


Referensi :
http://ilmukomputer.org/2013/01/29/gns3/
www.slideshare.net/ropix/mikrotik-network-simulator-mum-presentation-material-2013

Baca Tutorial Mikrotik Lainnya

4 comments:

  1. Agan, Terima kasih banyak :)

    Berkat agan, saya jadi tahu alternatif buat make mikrotik, dan ga perlu beli PC Server tentunya.

    ReplyDelete
  2. Selamat malam mas. saya mau bertanya mengenai hal yang mendasar. saya mau coba implementasi ospf mikrotik menggunakan gns3 dan virtualbox. apakah bisa? mohon ketersediannya untuk sharing ya mas. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Anda bisa baca artikel nya disini :
      http://mikrotikindo.blogspot.com/2015/11/konfigurasi-dasar-ospf-di-mikrotik_3.html

      Delete
  3. Mas rizky.. mohon maaf mas.. saya udah ngikutin tutorial secara lengkap mengenai setting mikrotik di gns 3 dan qemu dan terkoneksi ke internet.. nah tp saya ping gateway masih blm bisa mas..boleh minta pencerahannya mas :) dan klo mas ga sibuk.. saya mau sharing by phone or email dong mas.. saya passion bgt mas buat bisa di dunia network..makasih ya mas sebelumnya ;)

    ReplyDelete

Silakan anda berikan kritik, saran, masukan atau pertanyaan seputar Mikrotik pada kolom Komentar di bawah ini :