-->

Kumpulan Tutorial Mikrotik Indonesia

Belajar Mikrotik berupa Tutorial mikrotik, Setting Mikrotik Hotspot, Download Winbox Mikrotik ada disini Tutorial Mikrotik Indonesia blog

Monday, March 16, 2015

Cara Install Mikrotik GNS3 Menggunakan Qemu

Pada Artikel sebelum-sebelumnya telah saya bahas tentang Mikrotik di GNS3, mulai dari penjelasan tentang pengertian GNS3, proses instalasi Mikrotik GNS3 menggunakan VirtualBox, sampai cara Remote Mikrotik GNS3 di Winbox dan mengkoneksikannya ke Internet.

Pada artikel kali ini, saya akan bahas lagi tentang Tutorial Mikrotik GNS3 menggunakan Qemu. Pada artikel : Belajar Mikrotik tanpa RouterBoard menggunakan GNS3 Simulator (Mikrotik Packet Tracer) sudah dijelaskan bahwa kita dapat menggunakan VirtualBox atau Qemu untuk menjalankan Mikrotik di GNS3.


Dari tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Qemu sebagai VM di GNS3 jauh lebih efektif dan efisien dalam alokasi dan penggunaan memori

Sebagai catatan bahwa penggunaan Qemu hanya akan menambah alokasi penggunaan RAM di PC/Laptop saja, tanpa membebani CPU usage.

Setiap penggunaan Virtual Router menggunakan Qemu rata-rata hanya membutuhkan RAM 80 MB saja. Sehingga jika PC/Laptop kita punya RAM 4 GB, maka bisa digunakan untuk membuat sekitar 31 Virtual Router hanya dengan sekali Install Mikrotik. Lebih hemat dan efisien kan?

Contoh nya bisa dilihat pada gambar di atas, saya menggunakan 16 Mikrotik untuk membuat simulasi penggunaan hotspot di kantor hanya dengan menggunakan Tablet Windows 8.

Tutorial Cara Install Mikrotik GNS3 Menggunakan Qemu sudah saya buatkan video lengkap nya disini :

Cara Install Mikrotik di GNS3 Menggunakan Qemu :

 

Cara Mengkoneksikan Mikrotik di GNS3 + Qemu ke Internet



Referensi : 
www.slideshare.net/ropix/mikrotik-network-simulator-mum-presentation-material-2013

5 Komentar Cara Install Mikrotik GNS3 Menggunakan Qemu

  1. gan knp d gns3 ane g ada mikrotiknya, ane sdh mengikuti tutorial d atas

    ReplyDelete
  2. apa bisa kita install 3 sistem oprasi di qemu, mikrotik , windows 7 dan debian? biar kita bisa buat simulasi client server.

    ReplyDelete
  3. Gan punya saya kan waktu saya start mikrotiknya jalan, tapi qemunya nggak muncul itu gimana gan, mohon bantuannya

    ReplyDelete

Silakan anda berikan kritik, saran, masukan atau pertanyaan seputar Mikrotik pada kolom Komentar di bawah ini :

Back To Top