-->

Kumpulan Tutorial Mikrotik Indonesia

Belajar Mikrotik berupa Tutorial mikrotik, Setting Mikrotik Hotspot, Download Winbox Mikrotik ada disini Tutorial Mikrotik Indonesia blog

Thursday, November 5, 2015

Mikrotik Simulator Gratis menggunakkan GNS3 dan Cloud Hosted Router (CHR)

Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR) adalah Virtual Machine image dari Mikrotik Router OS yang mempunyai fitur yang sama dengan Mikrotik x86 yang dapat kita install di beberapa Virtual Machine seperti VirtualBox atau VMWare.

Keunggulan Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR)

Keunggulan Mikrotik CHR adalah kita dapat menggunakan semua fitur Router OS pada Virtual Machine secara GRATIS tanpa perlu adanya level LICENSE.

Memang dapat kita akui untuk bisa menggunakan Mikrotik untuk simulasi di Virtual Machine cukup sulit. Karena sebelum ada CHR kita pasti gunakan RouterOS x86 yang hanya punya lisensi level 0 yang berarti hanya bisa kita coba secara trial selama 24 jam. Kalaupun tidak puas, biasanya kita cari yang versi yang sudah di CRACK :P. 

Nah, dengan adanya Mikrotik CHR ini kita tidak perlu lagi menggunakan versi trial ataupun nyari yang versi Crack. Kita tinggal gunakan image dari Mikrotik CHR ini saja untuk menggantikan simulasi VM yang kita gunakan sebelumnya. Apalagi Mikrotik CHR ini sangat mudah diintegrasikan dengan Simulator GNS3.

Kekurangan Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR)

Layaknya barang GRATISAN lainnya, Mikrotik CHR juga punya kekurangan, yakni bandwidth tiap interface dibatasi hanya 1 Mbit saja. Namun hal tersebut sebenarnya tidak begitu merugikan, menginngat kita hanya gunakan CHR untuk simulasi saja yang tidak membutuhkan terlalu banyak menggunakan bandwidth.

Download Mikrotik CHR

Silakan Download file Image Mikrotik CHR nya di website : mikrotik.com/download
1. Mikrotik CHR v 6.34.img (RAW Image untuk Qemu)
2. Mikrotik CHR v 6.34.vmdk (Image untuk VMWare dan Virtual Box)

Menjalankan Mikrotik CHR pada Virtual Machine

Mikrotik CHR dapat dijalankan pada beberapa Virtual Machine, yaitu Virtual Box, VM Ware, Qemu, dll. Namun, untuk dapat digunakan pada Simulator GNS3, kita gunakan Qemu dan Virtual Box saja.
Cara dan langkah-langkah Instalasi dan menjalankan Mikrotik CHR di Qemu dan VirtualBox serta integrasi nya pada Simulator GNS3, silakan baca di artikel selanjutnya berikut ini :

Cara Install GNS3 di Windows & Linux 

Daripada ribet, Tonton Video Tutorial Terbarunya aja gan disini, biar lebih mudeng :

5 Komentar Mikrotik Simulator Gratis menggunakkan GNS3 dan Cloud Hosted Router (CHR)

  1. . Mikrotik CHR v 6.32.vmdk tidak bisa di download,bisa di upload gan

    ReplyDelete
  2. sya mw tnya, apakah bisa utk simulasi voucher hotspot mikrotikOS menggnakn GNS3??
    mhon pndapatnya. trm ksih..

    ReplyDelete

Silakan anda berikan kritik, saran, masukan atau pertanyaan seputar Mikrotik pada kolom Komentar di bawah ini :

Back To Top