-->

Kumpulan Tutorial Mikrotik Indonesia

Belajar Mikrotik berupa Tutorial mikrotik, Setting Mikrotik Hotspot, Download Winbox Mikrotik ada disini Tutorial Mikrotik Indonesia blog

Monday, November 17, 2014

Cara Memantau dan Memonitor Jaringan Mikrotik Menggunakan The Dude

Memantau dan memonitor jaringan mikrotik dan perangkat lainnya yang saling terhubung dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi yang bernama The Dude. The Dude adalah aplikasi buatan Mikrotik yang berfungsi untuk memonitor jaringan komputer dengan simple dan mudah. 

The Dude dapat melakukan scanning otomatis pada semua perangkat yang terhubung pada subnet jaringan tertentu. Hasil scanning nya berupa gambar peta konfigurasi jaringan yang muncul secara otomatis. Peta konfigurasi jaringan ini akan menggambarkan kondisi jaringan apakah sedang up/down. 

Selain itu the dude juga dapat menampilkan transfer rate antar perangkat di jaringan, jadi kita dapat memantau traffic yang berjalan di jaringan kita secara realtime dengan mudah. Yang lebih istimewa lagi, the dude bisa digunakan pada perangkat selain Mikrotik. 

The Dude dapat mengidentifikasi secara otomatis jenis dari perangkat yang ada di jaringan dengan menscan service yang digunakan oleh perangkat tertentu. Misalnya, the dude menscan perangkaat dengan open port 80, ia akan mengidentifikasikan perangkat itu sebagai Web Server.

Versi The Dude

The Dude ada beberapa versi, mulai dari yang lama hingga terbaru. Versi lama yakni versi 3.6 dan versi 4.0beta3. Sementara versi yang baru mengikuti versi dari RouterOS nya. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar berikut :



Pada The Dude versi lama (3.6 & 4.0beta3) hanya terdapat 1 file installer berextensi .exe yang dapat di-install di semua PC/server dan dapat digunakan sebagai Server sekaligus Client.

Sementara pada The Dude versi baru, ada 2 jenis file installer, yakni file installer The Dude Server extensi .npk yang dapat di install pada Mikrotik CCR, CHR, x86 dan RB3011.

Sebenarnya lebih praktis dan mudah jika kita menggunakan versi The Dude lama, namun sekarang Mikrotik sudah tidak merilis versi lama tersebut, dan mengganti nya dengan versi baru, sehingga kita harus punya perangkat Mikrotik nya dulu baru bisa mengaktifkan The Dude versi baru, kecuali jika menggunakan Mikrotik CHR.

Disini kita akan bahas cara instalasi The Dude versi lama. Untuk instalasi The Dude versi baru bisa lihat caranya di file presentasi yang saya bawakan pada Mikrotik User Meeting Indonesia 2016 disini.

Cara Install The Dude versi 3.6 & 4.0beta3

Oke, sudah cukup penjelasannya. Sekarang kita coba Cara Memantau dan Memonitor Jaringan Mikrotik Menggunakan The Dude. Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut


2. Install aplikasi The Dude.

3. Buka aplikasinya, akan muncul tampilan The Dude seperti gambar berikut :


Berikut adalah contoh peta jaringan dan data di the dude :

Map.png

4. Untuk mulai menggunakannya ada dua cara :
- Memasukkan data perangkat secara manual
- Menscan semua perangkat di jaringan tertentu, data & peta jaringan perangkat akan muncul secara otomatis (opsi ini yang akan kita gunakan)

5. Klik menu Discover --> Masukkan alamat subnet jaringan yang ingin di scan. misalnya 10.10.10.0/24 --> klik Discover.

6. Semua perangkat yang dalam kondisi menyala pada subnet tersebut akan ditemukaan oleh The Dude dan secara otomatis akan terbentuk peta jaringan dari semua perangkat yang ditemukan tersebut, seperti gambar berikut ini. (Maaf sedikit sensor :D)


7. Dari gambar tersebut dapat diketahui kondisi masing-masing perangkat, dapat juga diketahui transfer rate antar perangkat (router).

8. Untuk melihat data secara detil perangkat hasil scanning, klik dua kali di icon perangkat. Kita dapat merubah data perangkat, seperti merubah nama, IP address, username & password, dll.



9. Status peralatan apakah jaringan nya up, down, atau ada service yang timed out dapat dilihat seperti gambar berikut :

Keterangan Warna :
- Warna hijau = Jaringan dan peralatan ok (up)
- Warna merah = Ada gangguan jaringan atau peralatan (down)
- Warna orange = Ada service yang timed out, atau dalam interval tertentu terjadi sesekali timed out.

10. Selain itu pada tiap peralatan juga terdapat tools yang bisa kita gunakan untuk menganalisa status nya, seperti gambar berikut ini :

 
11. Selain dapat menscan perangkat secara otomatis, kita juga dapat menambahkan perangkat ke peta jaringan secara manual. Klik tombol + Device.


12. Masukkan IP Address perangkat, Masukkan Username & Password (jika ada) --> Next


13. Klik Discovery. The Dude akan menscan service yang berjalan pada device tersebut secara otomatis --> Finish


14. Kita juga bisa menghubungkan perangkat baru ini dengan menambahkan link. Klik tombol + Link.


15. Drag icon antar perangkat yang mau dihubungkan. Pilih Mastering type : Simple. Hasilnya akan seperti ini :


16. Untuk dapat menampilkan traffic (Tx Rx) antar kedua perangkat, pada link Anda bisa memilih Mastering Type : snmp atau routeros. Namun tidak semua perangkat mendukung fitur ini. Jika kedua perangkat adalah router Mikrotik, maka username dan password pada data perangkat harus diisi dan pilih mode routeros pada data dan link nya.

Oke, untuk sementara cukup sampai disini dulu tutorial Cara Memantau dan Memonitor Jaringan Mikrotik Menggunakan The Dude. Silakan anda coba-coba dan kembangkan sendiri sesuai kebutuhan jaringan nya.

12 Komentar Cara Memantau dan Memonitor Jaringan Mikrotik Menggunakan The Dude

  1. saya sudah instal dude...tapi pas klik discovery ko tidak muncul yah data dan peta jaringannya..?? apakah harus ada yang di setting lagi...padahal sudah sesuai petunjuk tutorial diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan jaringan anda terhubung dengan baik ke jaringan LAN ti tempat anda, dan pastikan alamat IP subnet yang dimasukan benar

      Delete
    2. Min saya udah Install Dude, tapi napa gak bisa konek ke jaringan. Ip mikrotik 192.168.98.1 atau pake IP Telkom 192.168.100.1 semuanya gak bisa. mohon pencerahannya

      Delete
  2. kalo cara nya memonitor lewat winbox gimana yah min?

    ReplyDelete
  3. Mantap artikel nya keren abis gan salam kenal mampir ke blog saya salam sukses :)

    ReplyDelete
  4. gan cara meremote client dengan dude mikrotik gimana gan?
    pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. client nya pakai device apa gan? kalo mikrotik gampang, tinggal klik kanan tool --> pilih winbox

      Delete
    2. kalo dalam buat topologi ane masih bingung gan , mohon referensinya

      Delete
  5. bang kalo ingin buat topologi ane masih bingung , tolong referensinya .

    ReplyDelete
  6. Kalo buat topologi di situ ane masih bingung gan , mohon referensinya

    ReplyDelete
  7. siang gan, kemaren saya mencoba instal dude di mikrotik. sebelumnya saya sudah download file dude-3.6-ppc.npk dan dude-install-3.6.exe. pertama saya masukan file npk ke dalam mikrotik, kemudian saya reboot, setelah reboot selesai saya cek di menu--> file sudah tidak ada, kemudian saya cek di package tidak muncul, padahal HDDnya berkurang. kalau mau hapus dude di mikrotik gimana ya gan? ada cara laen selain netinstal? saya pakai RB1200 gan Ros. 6.16

    ReplyDelete
  8. bang terimakasih atas artikel "Cara Memantau dan Memonitor Jaringan Mikrotik Menggunakan The Dude" telah membantu saya untuk tugas akhir. saya coba versi yang 4 beta, 6.37 yang bisa versi 3,6. semoga blog ini smakin up to date. trims

    ReplyDelete

Silakan anda berikan kritik, saran, masukan atau pertanyaan seputar Mikrotik pada kolom Komentar di bawah ini :

Back To Top