Cara Membajak/Hack Login Hotspot Mikrotik & Wifi.id di Linux

shares |

Masih tentang bajak-membajak, sebelumnya sudah saya share Cara Membajak Halaman Login Hotspot Mikrotik dimana kita bisa Mengcopy file html, css, js, images, dll yang membentuk halaman login hotspot Mikrotik. Kali ini akan saya share cara untuk membajak session login hotspot Mikrotik orang lain.

Cara Hack Hotspot Mikrotik ini sebenarnya sudah ada sejak lama yang lebih dikenal dengan Mac-Address Spoofing. Jadi inti dari pembajakan atau hack ini adalah sebagai berikut.
  1. Cari Hotspot yang akan dijadikan target pembajakan.
  2. Konek ke hotspot tersebut --> Lakukan scanning mac-address user yang sudah konek dan berhasil login ke hotspot tersebut.
  3. Copy mac-address target.
  4. Ganti mac-address kita dengan mac-address target.
  5. Konek ulang ke hotspot, dan hasilnya kita tidak perlu login untuk menggunakan hotspotnya, karena session dari user target itu sudah kita bajak.
Simpel kan? Kita bisa lakukan hack hotspot Mikrotik ini menggunakan Komputer, Laptop, bahkan Smartphone Android. Khusus buat Android, HP nya harus udah di root dulu ya, karena untuk mengganti mac-address harus jadi superuser. Tapi kali ini kita belum akan bahas pembajakan via smartphone. 

Kita coba dulu pakai Laptop ya, tentunya via WiFi. Disini saya mencoba menggunakan OS Linux. Kenapa Linux? Karena di Windows tidak semua step diatas bisa dilakukan. Kecuali menggunakan Windows versi lama (Win XP - 7) dengan tambahan beberapa software scanning wifi dan manipulasi mac-address. Jadi kali ini saya coba menggunakan Pentest Tool nya Kali Linux.

Kali Linux merupakan salah satu distro Linux yang khusus diciptakan untuk penetration test (Pentest), yang sudah dibekali dengan berbagai macam tools yang bisa kita gunakan untuk melakukan Pentest (hack). Jadi kita akan memanfaatkan tools pentest nya kali linux untuk hack login hotspot wifi.id. Kalau Anda mau gunakan distro Linux lainnya silakan, disini saya contohkan saja menggunakan Kali Linux.

1. Silakan download dulu file image iso kali linux nya disini.
2. Disini kita akan gunakan live cd linux nya, jadi ga perlu install dulu, langsung pakai aja.
3. Burn iso image kali linux nya di CD atau bisa gunakan USB flash disk. Silakan baca disini.
4. Boot ke kali linux nya. Jalankan via live cd.
5. Langkah Hack Hotspot Mikrotik & Wifi.id nya silakan lihat di Tutorial Video yang saya buat ini :



Jadi pada Tutorial video hack hotspot mikrotik & wifi.id tersebut saya mencoba melakukan mac-address spoofing pada salah satu target yang terkoneksi ke Wifi.id. Target nya adalah HP Android saya yang sudah login ke wifi.id. Saya sengaja menargetkan hp saya sendiri supaya tau apa yang terjadi pada target ketika pembajakan ini dilakukan.

Dan hasilnya adalah sebagai berikut :


Karena Mac-address laptop saya sudah diganti dengan mac-address hp android saya, maka ip address yang didapatkan laptop saya juga sama dengan ip address hp saya. Hal ini akan membuat hp saya kehilangan koneksi, karena session nya sudah dibajak oleh laptop saya. Alhasil hp saya kadang bisa konek kadang tidak, begitu juga pada laptop saya yang koneksinya hidup mati, karena terjadi ip conflict. Tapi hal ini hanya terjadi sebentar saja, selanjutnya bisa lancar kok.. hehe

Oke, selamat mencoba Tutorial Cara Membajak/Hack Login Hotspot Mikrotik & Wifi.id pada Linux ini.
Implementasi pada Windows bisa baca disini :
Cara Membajak/Hack Login Hotspot Mikrotik & Wifi.id di Windows

Implementasi pada HP Android akan saya bahas dilain waktu.

Baca Tutorial Mikrotik Lainnya

5 comments:

  1. Mantapp tutorialnya .... cari cari kesana kesini ternyata temen sebelah sendiri bisa ..... wkkwkw josss cak riski ta kloning ilmunya wkwkwk .....

    ReplyDelete
  2. Trus cara menanggulanginya gmna mastah?

    ReplyDelete

Silakan anda berikan kritik, saran, masukan atau pertanyaan seputar Mikrotik pada kolom Komentar di bawah ini :